RajaTokoOnline.com

Terkadang anda merasa dalam posisi yang sulit, jika melihat anak sendiri melakukan perbuatan nakal, mencuri, suka memukul teman teman disekolah. Entah itu nakal karena terpengaruh oleh teman-temannya di sekolah atau memang dia tergolong anak yang hiperaktif.

Nah apa yang sebaiknya anda perbuat untuk menghadapi anak yang demikian ? Baiklah, kali ini saya akan menyampaikan tips dalam menghadapi anak yang nakal.

  • Jika Anda mendengar atau mengetahui dengan apa yang dia lakukan, tetaplah tenang dan jangan marah-marah atau memukul anak. Berilah pengarahan, bahwa apa yang dia lakukan itu tidak boleh dilakukan.
  • Meskipun itu adalah anak Anda sendiri, sebaiknya jangan terlalu melindungi. Tetaplah obyektif.
  • Jika memang anak berbuat salah, jangan ragu untuk menyuruhnya meminta maaf kepada temannya dan jangan pula ragu untuk memberikan hukuman padanya.
  • Komunikasilah dengan anak dengan penuh kasih sayang. Beri waktu pada anak untuk berjalan berdua dengan anda, ajak atau pancing mereka untuk membuka diri dan mengutarakan apa masalahnya atau keinginan dia. Beri pengertian mengenai perbuatannya selama ini.
  • Anda juga harus memperhatikan anak anda. Jangan biarkan anak lain mengganggu anak anda.
  • Jangan ragu untuk bekerjasama dengan pihak sekolah, jangan takut kalau anak anda mendapat sangsi, justru jika tidak ada kerjasama, anak bisa tambah nakal atau sulit dikendalikan misalnya jadi melakukan perbuatan nakal lain seperti drug atau narkoba karena terpengaruh dengan temen sekolahnya.
    Berikan kesibukan lain, seperti baca majalah, bacaan buku, menulis cerita, blog, olah raga. Anda juga dapat meminta pendapat anak, apa yang menjadi hobinya, tentu saja kegiatan yang positif.
  • Jika memang anak tetap nakal dan dilakukan secara berulang ulang, janganlah ragu untuk melibatkan pihak ketiga, psikolog, guru BP turut serta membimbing anak.

Tips:

RajaTokoOnline.com

12 Responses to “Tips Menghadapi Anak Nakal”

  1. Hebat infonya,mbak tips. Anak sekarang nggak kayak anak jaman dulu. Bukan jamannya orang tuan hanya memerintah, tapi lebih banyak mendengar dan bertindak sebagai orang tua sekaligus sahabat.
    Artikel ini harus dibaca semua orang tua. TOP!

  2. Info keren banget, tapi gw belom punya anak
    lumayan buat masa depan

  3. mantap nih tips..
    sayang gue lom pux anak..
    xixixixi..
    lam kenal ya..?

  4. masih single nih belum punya anak :D

  5. Memang harus sabar ya menghadapi anak.
    Kadang kalo habis marahin atau mukul anak suka nyesel, dan janji dalam hati gak gitu lagi. Tapi di kesempatan lain, ketika melihat anak melakukan hal-hal yang menurut saya nakal / kelewatan batas, terpaksa marahin lagi. Abis itu merasa menyesal lagi ….. suka pusing juga ngadepin tingkah laku anak, apalagi yang susah kalo disuruh belajar…

  6. hehe..buat ntar ni infonya..

  7. terima kasih infonya ya, pak..berguna ni buat ulya..

  8. blom ponya anggota juga bro.
    masih single. klo bisa Tips Menghadapi cewek Nakal!!! ada ga’ yah!

  9. tips yang menarik..saya suka tips ini..boleh sebar2kan tak pak?
    Saya nak copy sedikit info disini untuk paparan dalam blog saya..=)

  10. @zul : boleh dengan menyebutkan sumbernya tentu :)

  11. thanks tips nya yang macem2 itu. tapi saya mau lagi tips menghadapi anak2 murid nakal/brmasalah disekolah.(SD)
    sebenarnya kebanyakan anak2 bermasalah di sekolah karena dari rumah anak sudah membawa masalah. jadi bagaimna tips nya.

  12. mantap juga tips ny, lumayan untuk nambah wawasan, kbulan saya guru anak SD yang banyak nakalnya kadang buat stress tapi gimana lagi itu profesi saya sebagai guru SD… memang anak sekarang beda dengan jaman dulu sekarang mungkin banyak dimanjakan dengan teknologi seperti masih ada siswa SD yang bawa HP.., dan peraturan Pendidikan sekarang yang buat Guru serba salah dan terbatas.., sedikit saja menergurkan siswa nakal kadang dilaporkan ke orang tuanya dicubit lah.. akhirnya orang tua siswa protes,, kadang orang tuanya kurang kontrol juga terhadap anaknya….

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>