RajaTokoOnline.com

teman-belajarAnak tidak mau belajar atau malas untuk membaca buku pelajaran, sering jadi keluhan orang tua. Anak lebih suka melihat tayangan televisi, seperti sinetron, film atau bermain dengan teman-teman sebayanya.

Jika anak tidak mau belajar, mereka menganggap bahwa belajar adalah suatu kegiatan yang kurang menyenangkan dibandingkan dengan bermain atau nonton. Untuk mengatasi anak yang malas belajar adalah dengan membuat anak menganggap belajar adalah kegiatan yang menarik, menyenangkan atau membuat mereka sadar bahwa belajar adalah suatu kebutuhan.

Selengkapnya, berikut ini adalah tips untuk mengatasi anak malas belajar :

  • Tanamkan kesadaran kepada anak bahwa belajar adalah suatu kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang pelajar yang hasilnya akan diraih dimasa mendatang.
  • Berikan contoh kepada sang anak. Orang tua dapat turut membaca buku-buku yang bermanfaat saat anak sedang belajar.
  • Orang tua sebaiknya juga menanamkan budaya membaca di lingkungan keluarga.
  • Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Buat ruang belajar yang menarik, rapi dan tidak membuat anak malas di dalam ruang belajar.
  • Berikan motivasi kepada anak untuk belajar dengan cara yang baik, adakan pendekatan sambil menyelami hati anak dengan menjadikan anak sebagai sahabat. Jangan menyuruh anak belajar dengan memaksakan anak, apalagi dengan cara yang kasar.
  • Berikan insentif kepada anak, baik berupa hadiah kesukaan mereka atau sekedar pujian jika nilai anak bagus. Hal ini akan membantu memotivasi anak.
  • Sebaiknya orang tua lebih terbuka dengan anak dengan menanyakan permasalahan yang dia hadapi, kenapa malas belajar, apa yang dapat membuat ia semangat untuk belajar dan sebagainya. Bantu anak untuk mengatasi permasalahan tersebut.
  • Pilih waktu yang paling tepat untuk anak belajar. Hendaknya orang tua juga turut membantu anak dengan tidak menonton televisi, atau tidak mendengarkan musik keras-keras.
  • Jadikan waktu belajar ini menjadi kebiasaan rutin sehari-hari, dan sebaiknya orang tua juga menemani dan membantu jika anak mengalami kesulitan saat belajar.
  • Selain waktu belajar yang rutin, sediakan juga waktu yang cukup untuk bermain, menonton dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Bagi yang mempunya tips lain, silahkan sharing di sini. Semoga dapat membantu keluarga lain.

Tips:

RajaTokoOnline.com

9 Responses to “Tips Mengatasi Anak Malas Belajar”

  1. Aku juga dulu sering malas belajar, kalau mau ujian saja baru belajar. Tapi ini jangan ditiru.

    Informasi yang menarik. Thx

  2. arip ahmad ripai
    March 16th, 2009 at 1:56 pm

    Hanya share sedikit, beberapa waktu yll saya ajari anak-anak saya membaca dan menulis baik latin maupun hijaiyah, rasanya lama prosesnya
    Saya biasa membuat bahan ajar sendiri, ditulis dalam helaian kertas yang tiap malam dibaca, sehingga materinya bisa hapal diluar kepala. Namun yang jadi masalah hapalan cepet namun membaca agak lambat. Akhir-akhir ini kami menemukan metode yang paling cepat, gunakan ganjaran bagi mereka. mungkin makanan kecil bahkan uang, semula saya berpikir anak-anak akan jadi konsumtif, tapi dengan melibatkan ibunya sebagai penitipan uang yang didapat anak-anak terkuaklah bagaimana mereka bisa belajar menabung dari hasil kerja keras sehari-hari.
    Saat ini saya tak perlu menyuruh anak membaca, kerena mereka bertiga berebut untuk lebih dulu membaca, tinggal saya arahkan misalnya perhalaman 1000 rupiah, jika mereka mau menabung 5000 ia harus membaca lima halaman. Hasilnya? menggembirakan dalam tempo 1 bulan ada perkembangan yang membanggakan mereka jadi lebih lancar membaca buku dan alQuran melebihi rata-rata anak seusianya. Mau mencoba silakan dijamin putera anda ketagihan, pelajaran lainnya mereka bisa menabung untuk berbagai keperluan mereka, seperti tas sekolah, buku dsb.

  3. iya nich susah nian di ajak anak-anak untuk belajar tapi….. g’ papalah terimkasih atas tipsnya. salm kenal dari nosi

  4. Artikel yang bagus !

    Barangkali artikel “malas belajar” berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya > Malas Belajar ?

  5. Kalau pengen anak belajar rajin, coba saat belajar diiringi dengan musik favoritnya, dulu Q jg begitu hehehe….

  6. Anak yang malas ada beberapa sebab biasanya. Antara lain sudah disebutkan pada artikel diatas.

    Kita sebagai orang tua seharusnya memberikan arahan, nasihat dan penyelesaian agar anak kita tidak malas.

    Memberikan nasihat tidak hanya sekali dua kali cukup, melainkan harus setiap kali.
    Ucapkan berkali-kali disertai contoh pada diri kita sebagai orang tua. Bayangkan kalau diri kita saja malas, namun memberi nasihat pada anak kita agar tidak malas…. bagaimana?

  7. artikel yang menarik untuk dibaca…berkunjung ke blog saya ya

  8. terima kasih tipsnya, mudah2an bisa berhasil..

  9. tips yang bagus..trima kasih.. Semoga bisa berhasil..

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>