RajaTokoOnline.com

Saat anak mulai meninggalkan usia balitanya, terkadang mereka masih saja manja. Bahkan sampai usia tujuh tahun atau mereka sudah memiliki adik, terkadang mereka masih suka merengek seperti adiknya yang masih balita. Anak manja biasanya karena perlakuan orang tuanya yang terlalu berlebihan dalam menuruti semua permintaanya. Apa yang anak minta, orang tua selalu memenuhinya. Akibatnya jika orang tua sampai tidak memenuhi permintaanya maka anak pun merengek dan menangis.

Sifat manja anak juga terjadi dalam hal keinginan untuk selalu dekat dengan orang tua. Tidak jarang anak yang sudah dalam usia sekolah masih selalu berrebut dengan adiknya yang balita untuk mendapatkan belaian dari ibunya.

Nah, apa yang harus dilakukan Anda sebagai orang tua untuk mengatasi anak yang manja?

  • Orang tua harus mempunyai kemauan untuk tidak lagi memanjakan anak. Perilaku manja salah satunya karena selama ini apa saja yang mereka inginkan selalu dituruti.
  • Mulailah untuk tidak memanjakan anak dan ajarkan hidup mandiri dari hal-hal yang kecil. Misalnya biasakan anak mengambil baju seragam sendiri, mengambil makan atau minum sendiri.
  • Tindakan untuk tidak memanjakan anak seharusnya juga dilakukan oleh orang tua atau pengasuh yang lain, tidak hanya oleh satu orang saja.
  • Komunikasilah dengan anak, bahwa seharusnya untuk usia saat ini mulai mempunyai tanggung jawab. Jelaskan mengenai prioritas, bahwa tidak semua yang diinginkan harus terpenuhi.
  • Jika anak masih mengabaikan perintah orang tua dengan merengek atau menangis, berikan pengertian bahwa tindakan itu tidak benar. Berikan pelukan dan dukungan untuk menenangkan anak.
  • Orang tua harus konsisten untuk tidak memanjakan anak, tidak hanya satu atau dua hari saja lalu kembali menajakan mereka.
  • Berikanlah pujian jika anak tidak lagi merengek saat meminta sesuatu, sehingga anak mengerti bahwa orang tua senang saat dia mulai berubah.

Jika anda memiliki pengalaman lain untuk mengatasi anak yang manja, sampaikan untuk disharing dengan teman-teman yang lain dibawah situ. Semoga bermanfaat.

Sumber artikel :
Dari berbagai sumber.
Sumber utama, Parenting Guide 032008.

Tips: ,

RajaTokoOnline.com

6 Responses to “Mengatasi Anak Manja”

  1. Mantav….

    Info yang mantav sobat….
    Keep sharing…

    Salam Berkata Bebas

  2. Iya terkadang kemanjaan seorang anak sangat menyita emosi, apalagi ketika sang ibu atau ayah sedang capek ketika pulang dari kerja. Tapi kasih sayang dan kesabaran adalah segalanya.

  3. thanks infonya yang sangat bermanfaat,

  4. wah ini bisa saya coba carnay nih:)

  5. saya sering kesal menghadapi anak sy yg pertama itu manjanya minta ampuuun!

    itu jg gara2 bundanya sih yg selalu memanjakan..klo sy memperlakukannya persis spt tips2 yg d atas itu.

  6. saya memang belum punya anak tapi saya sudah mrasakan mengasuh anak yang manja. aku pekerja di salah satu warung warnet .bos saya itu mempunyai anak laki-laki yang berusia enam tahun dia sangat manja apa yang dia mau pasti harus diturutin kalau gak di ikutin kemauannya pasti dia menangis dan merengek-merengek.suatu hari saya pernah tidak menuruti kemauanya dia menangis dan merengek datang lah obu nya dan bertanya kepda saya.kata ibu nya; ada apa santi kok anak ibu menngis .saya bilang ;dia mau yang itu tapi aku takut ibu marah kalau saya kasih kan itu kepada anak ibu.apa yang dia mau .uang buk .aku tanya sama dia udah belum bilang ma ibu.kata nya belum jadi saya gak berani kasih dia uang.eh .. ibu nya marah ma saya .itu lah kalau kerja pada orang serbah salah

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>